Minimalisasi Waste di Instalasi Farmasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang Boyolali melalui Pendekatan Lean Hospital
Minimization Waste in Inpatient Pharmaceutical Installation of Pandan Arang Regional Public Hospital Boyolali with Lean Hospital Approach
DOI:
https://doi.org/10.30872/jsk.v6i2.176Keywords:
Lean hospital, Waste, Instalasi Farmasi Rawat Inap, RSUD Pandan Arang BoyolaliAbstract
References
Zebua M., 2018. Pemasaran Produk Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Kementerian Kesehatan. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
Kementerian Kesehatan. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
Usman, I. & Mira A. 2017. Lean Hospital Management, Studi Empirik Pada Layanan Gawat Darurat. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan: Univ ersitas Airlangga.
Poksinska, B. 2010. The Current State of Lean Implementation in Healthcare: Literature Review. Quality Mangement in Healthcare 19 (1), 319-329.
Gaspersz, V. 2006. Continuous Cost Reduction Through Lean Sigma Approach. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nancy, Marchaban, Pramuji, E. W. 2014. Pendekatan Lean Hospital Untuk Perbaikan Berkelanjutan Proses Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi: Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Gaspersz, V. 2008. Lean Six Sigma for Manfacturing and Service Industries. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Adellia Y., et al. 2014. Pendekatan Lean Healthcare Untuk Meminimasi Waste Di Rumah Sakit Islam Unisma Malang. Jurnal Ilmiah Teknik Industri : 292-300.
Yuganingsih, T. 2019. Pendekatan Lean Hospital Untuk Meminimalkan Waste di Instalasi Farmasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang Boyolali. Tesis. Universitas Setia Budi Surakarta.
Hurlatu, M. 2019. Pendekatan Lean Hospital Untuk Mengidentifikasi Waste Kritis di Pelayanan Farmasi Rawat Jalan RSUD Karanganyar. Tesis. Universitas Setia Budi Surakarta.
Osada, T. 2000. Sikap Kerja 5S. Jakarta:PPM
Graban, M. 2016. Lean Hospital: Improving Quality Patient Safety and Employee Engagement, Nortwestern, United States of America: Lean Enterprise Institute, Inc.
Ikumaa, L.H., Nahmens, I. 2014. Making Safety an Integral Part of 5S on Healthcare. Work 47:243-251.
El-Sherbiny, NA., Elsary AY., Ibrahim EH. 2017. Application of The 5S-Kaizen Approach in Improving The Productivity and Qualiy of The Healthcare System: an Operational Research. Patient Safety & Quality Improvement 5:594-600
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Sains dan Kesehatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Claudius Hendraman B. Tobi, Mustika Endah Pratiwi, Identifikasi Senyawa Flavonoid dan Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Terpurifikasi Daun Beluntas (Pluchea Indica L.) terhadap Staphylococcus aureus , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 5 No. 5 (2023): J. Sains Kes.