Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pada Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Daerah dr. A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung Tahun 2023

Analysis Of Waiting Time For Prescription Services For Patients At Regional Hospitals dr.A.Dadi Tjokrodipo In The City Of Bandar Lampung In 2023

Authors

  • Lilik Koernia Wahidah Program Studi S1 Farmasi, Fakultas MIPA, Universitas Tulang Bawang, Bandar Lampung, Indonesia Author
  • Asih Widiyastuti Program Studi S1 Farmasi, Fakultas MIPA, Universitas Tulang Bawang, Bandar Lampung, Indonesia Author
  • M. Wahyu Ariawan Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia Author
  • Fendy Prasetyawan Program studi Pendidikan Profesi Apoteker, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kadiri, Kediri, Indonesia Author
  • Muh. Deni Kurniawan Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia Author
  • Dalifa Ramadhani Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia Author
  • Debi Dinha Octora Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia Author
  • Ariska Wigatiningtyas Program Studi S1 Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.30872/jsk.v6i3.977

Keywords:

waktu tunggu , pelayanan resep, standar pelayanan minimal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi durasi rata-rata waktu tunggu serta kesesuaian waktu tunggu dalam menerima layanan kesehatan, diawali dari proses pendaftaran hingga masuk ke bagian tempat pemeriksaan dokter yang ada di instalasi Farmasi Rumah Sakit Daerah dr. A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung.
Kajian ini termasuk kajian non eksperimental dengan rancangan deskriptif Prospektif, yakni dengan dengan menjalankan pengamatan resep rawat jalan yang ada di instalasi farmasi. Pengambilan sampel dijalankan secara Accidental Sampling ialah metode dalam mengambil sampel yang dijalankan dengan metode melakukan pemilihan secara acak pada sampel yang tak sengaja dijumpai, kemudian data dianalisis memakai software Microsoft Excel.
Waktu tunggu layanan resep yang ada di rumah sakit ini mempunyai waktu rata- rata untuk obat Racikan ialah 54 menit serta resep obat Jadi ataupun non racikan ialah 34 menit. Hal itu memperlihatkan jika rata-rata waktu tunggu layanan resep pada obat Racikan sudah memenuhi ketentuan layanan Minimal waktu tunggu yakni <60 menit serta untuk resep obat Jadi ataupun non racikan belum memenuhi ketentuan layanan Minimal waktu tunggu yakni ≤ 30 menit.

References

[1] Adiputra, I. M. S. dkk. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan.

[2] Al-Fa’izah, Z., Rahayu, Y. ., & Hikmah, N. (2017). Digital Repository Universitas Jember Digital Repository Universitas Jember. Efektifitas Penyuluhan Gizi Pada Kelompok 1000 HPK Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Kesadaran Gizi, 3(3), 69–70.

[3] Amin, M. Al. (2017). Klasifikasi kelompok umur manusia berdasarkan analisis dimensi fraktal box counting dari citra wajah dengan deteksi tepi canny. Jurnal Ilmiah Matematika, 2(6), 1–10.

[4] Arini, H. D., Y, A. N., Suwastini, A., Tinggi, S., & Mahaganesha, F. (2020). Waktu tunggu pelayanan resep di depo farmasi rs x. 2(2), 40–46.

[5] Bhebeb Oscar, S.M.B., M., & Sumirah, D. (2019). Pengaruh Grooming Pada Customer Relations Coordinator (CRC) Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Astra international TBK Toyota Sales Operation (Auto2000) Pasteur. 9, 1–11.

[6] Djamaluddin, F., & Imbaruddin, A. (2019). Kepatuhan pelayanan farmasi klinik di Rsup Dr. Wahidin Sudirohusodo. 25.

[7] Drs. Rusli. Sp., F. A. (2016). Farmasi Rumah Sakit Dan Klinik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

[8] Imran, H. A. (2017). Peran Sampling dan Distribusi data ( The Role Of Sampling and Data Distribution In Comunication Research Quantitative Approach ). 111–126.

[9] Jaya, Made Krisna Adi, D. P. A. (2018). Gambaran waktu tunggu dan identifikasi faktor yang mempengaruhi lama waktu tunggu pelayanan obat atas resep dokter di puskesmas kota denpasar. 4(2), 94–99.

[10] Kartini. (2023). Peningkatan Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan Menggunakan Pendekatan. 14(7), 218–225.

[11] Karuniawati, D. (2017). Evaluasi pelaksanaan standar pelayanan minimal (Spm) farmasi kategori lama waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan.4(1)(June 2016), 20–25.

[12] Kementerian Kesehatan. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit.

[13] Kementerian Kesehatan. (2022). Standar Akreditasi Rumah Sakit Berdasarkan KMK 1128. Keputusan Menteri Kesehatan , 1–342.

[14] Kurniawati Fajrin, Haeruddin, R. A. A. (2021). Artikel Riset Url artikel: http://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/woph/article/view/woph2309 Faktor yang mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Pasien di Rsud Kota Makassar. 2(3), 1214–1222.

[15] Laeliyah, N., & Subekti, H. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. 1(2), 102–112.

[16] Lestari, Y., Nurcahyanto, H., Publik, D. A., Diponegoro, U., Profesor, J., & Soedarto, H. (2017). Analisis tingkat kepuasan pasien rawat jalan. 33.

[17] Menkes RI. (2008). Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang standar pelayanan minimal Rumah Sakit. 282.

Downloads

Published

2025-11-16

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
Lilik Koernia Wahidah, “Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pada Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Daerah dr. A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung Tahun 2023: Analysis Of Waiting Time For Prescription Services For Patients At Regional Hospitals dr.A.Dadi Tjokrodipo In The City Of Bandar Lampung In 2023”, J. Sains. Kes, vol. 6, no. 3, pp. 151–159, Nov. 2025, doi: 10.30872/jsk.v6i3.977.

Similar Articles

11-20 of 121

You may also start an advanced similarity search for this article.