Gambaran Tingkat Kepuasan Mutu Pelayanan Poliklinik Gigi Rumah Sakit TK. IV Samarinda Selama Masa Pandemi COVID-19
The Description of Satisfaction Level towards Quality Service at Dental Polyclinic of Hospital TK. IV Samarinda during the COVID-19 Pandemic
Keywords:
COVID-19, dimensi SERVQUAL, kepuasan pasienAbstract
References
H. Benzian dan R. Niederman, “A Dental Response to the COVID-19 Pandemic—Safer Aerosol-Free Emergent (SAFER) Dentistry,” Front. Med., vol. 7, 2020, doi: 10.3389/fmed.2020.00520.
PB PDGI, “PROTAP Dokter Gigi Dalam Penyebaran COVID-19,” 2020.
R. Aprista, “Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945,” Adm. Law Gov. J., vol. 3, no. 2, 2020, doi: 10.14710/alj.v3i2.240-249.
Hervina dan H. Nasutianto, “Perubahan Managemen Pasien dan Pemilihan Tindakan Kedokteran Gigi di Masa Pandemi COVID-19,” Pros. Webinar Nas. Univ. Mahasaraswati 2020, hal. 170–174, 2020.
F. A. Winarso, E. Paselle, dan S. Rande, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Unit,” vol. 8, no. 1, hal. 8943–8952, 2020.
A. U. Detty, “Gambaran Tingkat Kepuasan Paisen Pada Pelayanan Rawat Inap dan Ruang Operasi di Rumah Sakit Pertamina Bintan Amin Bandar Lampung Tahun 2018,” Ilmu Kedokt. Dan Kesehat., vol. 7, no. 1, 2020.
P. A. R. J. Putri, S. A. Handoko, N. M. S. Nopiyani, N. W. A. Utami, dan N. K. F. R. Pertiwi, “Tingkat kepuasan pasien jaminan kesehatan nasional terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poliklinik Gigi dan Mulut RSUD Badung Mangusada,” Bali Dent. J., vol. 3, 2019.
R. Hudyono et al., “During and post COVID-19 pandemic: prevention of cross infection at dental practices in country with tropical climate,” Dent. J. Maj. Kedokt. Gigi, vol. 53, no. 2, hal. 81–87, 2020, doi: 10.20473/j.djmkg.v53.i2.p81-87.
P. Bhanushali, F. Katge, S. Deshpande, V. K. Chimata, S. Shetty, dan D. Pradhan, “COVID-19: Changing Trends and Its Impact on Future of Dentistry,” Int. J. Dent., vol. 2020, 2020, doi: 10.1155/2020/8817424.
M. R. Alhamdani dan D. P. Sari, “Pendekatan Desain dan Aplikasi Ruang Praktek Dokter Gigi di Masa Pandemi,” 2021.
M. Youlanda, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Poli Gigi Rumah Sakit Kota Palembang,” Mbia, vol. 17, no. 3, hal. 1–16, 2019, doi: 10.33557/mbia.v17i3.140.
J. John, F. M. Yatim, dan S. A. Mani, “Measuring service quality of public dental health care facilities in Kelantan, Malaysia,” Asia-Pacific J. Public Heal., vol. 23, no. 5, hal. 742–753, 2011, doi: 10.1177/1010539509357341.
D. Nyoman dan K. Ary, “Skala Pengukuran Kualitas Layanan: Sebuah Kajian Literatur,” vol. 1, no. 2, 2019.
Y. D. Raharja, S. Kusumadewi, dan D. P. Astiti, “Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Poliklinik Gigi Dan Mulut Rumah Sakit Umum Puri Raharja,” ODONTO Dent. J., vol. 5, no. 1, hal. 34, 2018, doi: 10.30659/odj.5.1.34-44.
A. Iman dan D. Lena, Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I?: Quality Assurance. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2017.
A. S. Maulana, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasaan pelanggan PT. TOI,” J. Ekon. Vol., vol. 7, no. 2, 2016.
S. Handayani, “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno,” Profesi (Profesional Islam. Media Publ. Penelit., vol. 14, no. 1, 2016, doi: 10.26576/profesi.135.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Ditya Ayu Natalia, Sugiyarto, Endang Darmawan, Efek Samping Hipoglikemi yang Dialami oleh Pasien Geriatri yang Berisiko Sindrom Metabolik , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 4 No. 4 (2022): J. Sains Kes.
- Swandari Paramita, Ronny Isnuwardana, Muhammad Khairul Nuryanto, Ruth Djalung, Dewi Guntar Rachmawatiningtyas, Prilandy Jayastri , Pola Penggunaan Obat Bahan Alam Sebagai Terapi Komplementer pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 1 No. 7 (2017): J. Sains Kes.
- Syefi Nuraeni Fitriana, Bambang Subakti Zulkarnain, Heri Yulimanida, Analisis Efek Samping Kanamisin dan Kapreomisin terhadap Fungsi Ginjal pada Pasien TB RO di RSUD Dr. Soetomo , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 5 No. 5 (2023): J. Sains Kes.
- Candra Eka Puspitasari, Royani Widiyastuti, Ni Made Amelia Ratnata Dewi, Oci Qonita Londo Woro, Arfi Syamsun, Profil Drug Related Problems (DRPs) pada Pasien Hipertensi di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Pemerintah di Kota Mataram Tahun 2018 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 4 No. SE-1 (2022): Spesial Edition J. Sains Kes.
- Marwin Marwin, Dyah A. Perwitasari, Fredrick D. Purba, Susan F. Candradewi, Bayu P. Septiantoro, Hubungan Karakteristik Terhadap Kualitas Hidup Pasien Kanker Payudara yang Menjalani Kemoterapi di RSUP Dr. Kariadi Semarang , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 3 No. 3 (2021): J. Sains Kes.
- Ega Yuspita Darmayanti, Candra Eka Puspitasari, Raisya Hasina, Profil Drug Related Problems (DRPs) Penggunaan Antibiotik pada Pasien Anak dengan Diare Infeksi di RSUD Provinsi NTB Tahun 2018 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 3 No. 3 (2021): J. Sains Kes.
- Oriza Safrini, Dian Ratih Laksmitawati, Hesty Utami Ramadaniati, Pengaruh Penerapan Clinical Pathway pada Peresepan Antibiotik Pasien Tifoid Anak di Rumah Sakit Swasta X Kota Bogor , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 5 No. 4 (2023): J. Sains Kes.
- Meri Utari Susanthy, Rahmat Bakhtiar, Marwan Marwan, Analisis Kontak Pasien TB Terkonfirmasi Bakteriologis di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur Tahun 2019 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 3 No. 4 (2021): J. Sains Kes.
- Aris Aris, Yusi Anggriani, Hanafy Dudy Arman, Yacob Ruru, Analisis Biaya Operasi Teknik Off-pump CABG dibandingkan On-pump CABG Pasien BPJS Penyakit Jantung Koroner dengan Fungsi Jantung Buruk di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 3 No. 2 (2021): J. Sains Kes.
- Woro Supadmi, Muhammad Muhlis, Ilham Bintang Agung, Medication Related Burden pada Pasien Gagal Ginjal Kronis di RSUD Kota Yogyakarta , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 3 No. 6 (2021): J. Sains Kes.
You may also start an advanced similarity search for this article.

