Analisis Multiatribut Berdasarkan Minat Konsumen Se-Bandung Raya Terhadap Pengembangan Produk Baru Hairtonic (Allium Cepa L.) Sebagai Antiketombe

Multi-attribute Analysis Based on Consumer Interests in Greater Bandung to the Development of New Hairtonic Products (Allium Cepa L.) as Anti-dandruff

Authors

  • Furi Junia Defiq Program Studi Farmasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia Author
  • Fauzia Ningrum Syaputri Program Studi Farmasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia Author
  • Asti Yunia Rindarwati Program Studi Farmasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia Author

Keywords:

Shallot, hairtonic, consumer interest

Abstract

Ketombe adalah sejenis kelainan kulit atau peradangan kulit kepala yang sangat ringan, ketombe dapat diatasi oleh hairtonic bawang merah sebagai antiketombe. Hairtonic adalah sediaan yang lebih efektif untuk digunakan, karena pemakaiannya ke permukaan kulit kepala sehingga langsung meresap dikulit kepala dan tidak perlu dibersihkan atau dibilas ulang setelah pemakaiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis atribut-atribut hairtonic bawang merah sebagai antiketombe yang mempengaruhi minat konsumen dan mengidentifikasi atribut hairtonic bawang merah apa saja yang ideal  dan penting menurut konsumen. Penelitian ini menggunakan kuesioner melalui jaringan sosial. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif dan multiatribut. Sampel pada penelitian ini diperoleh dengan metode slovin dengan jumlah responden 400 orang yang selanjutnya mengisi kuesioner yang sudah di uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan Analisis kuesioner menunjukkan bahwa 129 responden memilih wangi strawberry dan 142 responden lebih menyukai warna pink. Berdasarkan segi kemasan, 290 responden memilih kemasan berbentuk spray dengan ukuran 150ml. Pengharum hair tonic bawang merah merupakan bagian yang ideal menurut konsumen dengan nilai Li 4,02 dan atribut pengharum merupakan atribut terpenting dengan nilai Wi 3,32.

References

[1] Ningrum, D. P., Ernawati, H., dan Isro’in, L. 2018. Efektivitas Gel Lidah Buaya (Alloe Vera) Terhadap Penyembuhan Ketombe Kering. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[2] Katsuri, Y. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Shampo Ekstrak Gambir Terhadap Perawatan Kulit Kepala Berketombe. E-Jurnal, 1–4.

[3] Rabbani, R. H. 2016. Formulasi Sediaan Hair Tonic Antiketombe Dari Minyak Atsiri Kayu Manis Dan Uji Aktivitas Terhadap Malassezia Furfur. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[4] Lestari, A. N. 2016. Uji Aktivitas Pertumbuhan Rambut Menggunakan Hair Tonic Ekstrak Kulit Putih Semangka (Citrullus Vulgaris Schrad) Pada Kewan Uji Kelinci Jantan Galur New Zealand. Universitas Setia Budi Surakarta.

[5] Simanjuntak, Anjelina, H. dan Butar, M. 2019. Uji Aktivitas Antifungi Ekstrak Etanol Umbi Bawang Merah (Allium Ceva L.) Terhadap Candida Albicans Dan Pityrosporum Ovale. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Mipa.

[6] Simanjuntak, Anjelina, H. dan Butar, M. 2019. Uji Aktivitas Antifungi Ekstrak Etanol Umbi Bawang Merah (Allium Ceva L.) Terhadap Candida Albicans Dan Pityrosporum Ovale. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Mipa.

[7] Suryo, J. 2010. Cantik, Sehat Dan Bugar Dengan Herbal. Penerbit B-First.

[8] Ramadhanti. 2004. Analisis Perilaku Konumen Produk Pembersih Tangan Tanpa Air (Hand Sanitizer). Institut Pertanian Bogor.

[9] Ramadhanti. 2004. Analisis Perilaku Konumen Produk Pembersih Tangan Tanpa Air (Hand Sanitizer). Institut Pertanian Bogor.

[10] Nawawi, H. 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada

[11] Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 23. Semarang : Universitas Diponegoro

[12] Luzar, L. C. 2011. Efek Warna Dalam Dunia Desain Dan Periklanan. Jakarta Barat: Humaniora

[13] Said, A. A. 2016. Desain Kemasan. Universitas Negeri Makasar.

Published

2021-08-31

How to Cite

Analisis Multiatribut Berdasarkan Minat Konsumen Se-Bandung Raya Terhadap Pengembangan Produk Baru Hairtonic (Allium Cepa L.) Sebagai Antiketombe: Multi-attribute Analysis Based on Consumer Interests in Greater Bandung to the Development of New Hairtonic Products (Allium Cepa L.) as Anti-dandruff. (2021). Jurnal Sains Dan Kesehatan, 3(4), 455–461. https://jsk.ff.unmul.ac.id/index.php/JSK/article/view/315