Gambaran Tingkat Kepuasan Mutu Pelayanan Poliklinik Gigi Rumah Sakit TK. IV Samarinda Selama Masa Pandemi COVID-19
The Description of Satisfaction Level towards Quality Service at Dental Polyclinic of Hospital TK. IV Samarinda during the COVID-19 Pandemic
Keywords:
COVID-19, dimensi SERVQUAL, kepuasan pasienAbstract
References
H. Benzian dan R. Niederman, “A Dental Response to the COVID-19 Pandemic—Safer Aerosol-Free Emergent (SAFER) Dentistry,” Front. Med., vol. 7, 2020, doi: 10.3389/fmed.2020.00520.
PB PDGI, “PROTAP Dokter Gigi Dalam Penyebaran COVID-19,” 2020.
R. Aprista, “Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945,” Adm. Law Gov. J., vol. 3, no. 2, 2020, doi: 10.14710/alj.v3i2.240-249.
Hervina dan H. Nasutianto, “Perubahan Managemen Pasien dan Pemilihan Tindakan Kedokteran Gigi di Masa Pandemi COVID-19,” Pros. Webinar Nas. Univ. Mahasaraswati 2020, hal. 170–174, 2020.
F. A. Winarso, E. Paselle, dan S. Rande, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Unit,” vol. 8, no. 1, hal. 8943–8952, 2020.
A. U. Detty, “Gambaran Tingkat Kepuasan Paisen Pada Pelayanan Rawat Inap dan Ruang Operasi di Rumah Sakit Pertamina Bintan Amin Bandar Lampung Tahun 2018,” Ilmu Kedokt. Dan Kesehat., vol. 7, no. 1, 2020.
P. A. R. J. Putri, S. A. Handoko, N. M. S. Nopiyani, N. W. A. Utami, dan N. K. F. R. Pertiwi, “Tingkat kepuasan pasien jaminan kesehatan nasional terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poliklinik Gigi dan Mulut RSUD Badung Mangusada,” Bali Dent. J., vol. 3, 2019.
R. Hudyono et al., “During and post COVID-19 pandemic: prevention of cross infection at dental practices in country with tropical climate,” Dent. J. Maj. Kedokt. Gigi, vol. 53, no. 2, hal. 81–87, 2020, doi: 10.20473/j.djmkg.v53.i2.p81-87.
P. Bhanushali, F. Katge, S. Deshpande, V. K. Chimata, S. Shetty, dan D. Pradhan, “COVID-19: Changing Trends and Its Impact on Future of Dentistry,” Int. J. Dent., vol. 2020, 2020, doi: 10.1155/2020/8817424.
M. R. Alhamdani dan D. P. Sari, “Pendekatan Desain dan Aplikasi Ruang Praktek Dokter Gigi di Masa Pandemi,” 2021.
M. Youlanda, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Poli Gigi Rumah Sakit Kota Palembang,” Mbia, vol. 17, no. 3, hal. 1–16, 2019, doi: 10.33557/mbia.v17i3.140.
J. John, F. M. Yatim, dan S. A. Mani, “Measuring service quality of public dental health care facilities in Kelantan, Malaysia,” Asia-Pacific J. Public Heal., vol. 23, no. 5, hal. 742–753, 2011, doi: 10.1177/1010539509357341.
D. Nyoman dan K. Ary, “Skala Pengukuran Kualitas Layanan: Sebuah Kajian Literatur,” vol. 1, no. 2, 2019.
Y. D. Raharja, S. Kusumadewi, dan D. P. Astiti, “Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Poliklinik Gigi Dan Mulut Rumah Sakit Umum Puri Raharja,” ODONTO Dent. J., vol. 5, no. 1, hal. 34, 2018, doi: 10.30659/odj.5.1.34-44.
A. Iman dan D. Lena, Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I?: Quality Assurance. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2017.
A. S. Maulana, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasaan pelanggan PT. TOI,” J. Ekon. Vol., vol. 7, no. 2, 2016.
S. Handayani, “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno,” Profesi (Profesional Islam. Media Publ. Penelit., vol. 14, no. 1, 2016, doi: 10.26576/profesi.135.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Khoirunnisa Wal Hazimah, Mukti Priastomo, Rolan Rusli, Analisis Efektivitas Biaya Penggunaan Antibiotik pada Pasien Demam Tifoid di RS SMC Periode 2017 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 2 No. 2 (2019): J. Sains Kes.
- Reny Anggriany Hakim, Delina Hasan, Aritonang Aritonang, Analisis Efektivitas Biaya Hemodialisa dan Peritoneal Dialisa pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta 2019 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 2 No. 4 (2020): J. Sains Kes.
- Nida Ulfah, Sinar Yani, Nuryanni Dihin Utami, Profil Penyakit Periodontal di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 5 No. 4 (2023): J. Sains Kes.
- Anggi Setiawati, Deasy Nur Chairin Hanifa, Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Swamedikasi di Apotek Kabupaten Nunukan , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 4 No. SE-1 (2022): Spesial Edition J. Sains Kes.
- Luthfa Hubbalkhairi Ulfa, Andriansyah Andriansyah, Abdillah Iskandar, Hubungan Kadar Hemoglobin Sebelum dan Selama Terapi Radiasi dengan Respon Tumor pada Pasien Kanker Serviks di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 3 No. 6 (2021): J. Sains Kes.
- Agata Tika Sari, Niken Indriyanti , Laporan Kasus: Penanganan Efek Samping Pseudoefedrin pada Pasien ISPA Anak , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 4 No. 2 (2022): J. Sains Kes.
- Aanisah Nida Aliyah, Listyawati, Nuryanni Dihin Utami, Profil Penyakit Periodontal Pada Penderita Diabetes Melitus Berdasarkan Tipe Diabetes Melitus, Jenis Kelamin, dan Usia di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo Pada Tahun 2016-2020 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 4 No. 2 (2022): J. Sains Kes.
- Ega Yuspita, Raisya Hasina, Candra Eka Puspitasari, Profil Drug Related Problems (DRPs) Penggunaan Antibiotik pada Pasien Anak dengan Diare Infeksi di RSUD Provinsi NTB Tahun 2018 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 3 No. 4 (2021): J. Sains Kes.
- Syifa Fitria Anggraeny, Boyke Soebhali, Sulistiawati Sulistiawati, Poppy Desra S Nasution, Endang Sawitri, Gambaran Status Konsumsi Air Minum Pada Pasien Batu Saluran Kemih , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 3 No. 1 (2021): J. Sains Kes.
- Winda Puspita Salim, Yetty Octavia Hutahaean, Fransiska Anggreni Sihotang, Pengaruh SSRIs Untuk Meningkatkan Independensi Fungsional Pada Pasien Depresi Pasca Stroke , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 3 No. 3 (2021): J. Sains Kes.
You may also start an advanced similarity search for this article.

