Gambaran Tingkat Kepuasan Mutu Pelayanan Poliklinik Gigi Rumah Sakit TK. IV Samarinda Selama Masa Pandemi COVID-19
The Description of Satisfaction Level towards Quality Service at Dental Polyclinic of Hospital TK. IV Samarinda during the COVID-19 Pandemic
Keywords:
COVID-19, dimensi SERVQUAL, kepuasan pasienAbstract
References
H. Benzian dan R. Niederman, “A Dental Response to the COVID-19 Pandemic—Safer Aerosol-Free Emergent (SAFER) Dentistry,” Front. Med., vol. 7, 2020, doi: 10.3389/fmed.2020.00520.
PB PDGI, “PROTAP Dokter Gigi Dalam Penyebaran COVID-19,” 2020.
R. Aprista, “Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945,” Adm. Law Gov. J., vol. 3, no. 2, 2020, doi: 10.14710/alj.v3i2.240-249.
Hervina dan H. Nasutianto, “Perubahan Managemen Pasien dan Pemilihan Tindakan Kedokteran Gigi di Masa Pandemi COVID-19,” Pros. Webinar Nas. Univ. Mahasaraswati 2020, hal. 170–174, 2020.
F. A. Winarso, E. Paselle, dan S. Rande, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Unit,” vol. 8, no. 1, hal. 8943–8952, 2020.
A. U. Detty, “Gambaran Tingkat Kepuasan Paisen Pada Pelayanan Rawat Inap dan Ruang Operasi di Rumah Sakit Pertamina Bintan Amin Bandar Lampung Tahun 2018,” Ilmu Kedokt. Dan Kesehat., vol. 7, no. 1, 2020.
P. A. R. J. Putri, S. A. Handoko, N. M. S. Nopiyani, N. W. A. Utami, dan N. K. F. R. Pertiwi, “Tingkat kepuasan pasien jaminan kesehatan nasional terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poliklinik Gigi dan Mulut RSUD Badung Mangusada,” Bali Dent. J., vol. 3, 2019.
R. Hudyono et al., “During and post COVID-19 pandemic: prevention of cross infection at dental practices in country with tropical climate,” Dent. J. Maj. Kedokt. Gigi, vol. 53, no. 2, hal. 81–87, 2020, doi: 10.20473/j.djmkg.v53.i2.p81-87.
P. Bhanushali, F. Katge, S. Deshpande, V. K. Chimata, S. Shetty, dan D. Pradhan, “COVID-19: Changing Trends and Its Impact on Future of Dentistry,” Int. J. Dent., vol. 2020, 2020, doi: 10.1155/2020/8817424.
M. R. Alhamdani dan D. P. Sari, “Pendekatan Desain dan Aplikasi Ruang Praktek Dokter Gigi di Masa Pandemi,” 2021.
M. Youlanda, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Poli Gigi Rumah Sakit Kota Palembang,” Mbia, vol. 17, no. 3, hal. 1–16, 2019, doi: 10.33557/mbia.v17i3.140.
J. John, F. M. Yatim, dan S. A. Mani, “Measuring service quality of public dental health care facilities in Kelantan, Malaysia,” Asia-Pacific J. Public Heal., vol. 23, no. 5, hal. 742–753, 2011, doi: 10.1177/1010539509357341.
D. Nyoman dan K. Ary, “Skala Pengukuran Kualitas Layanan: Sebuah Kajian Literatur,” vol. 1, no. 2, 2019.
Y. D. Raharja, S. Kusumadewi, dan D. P. Astiti, “Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Poliklinik Gigi Dan Mulut Rumah Sakit Umum Puri Raharja,” ODONTO Dent. J., vol. 5, no. 1, hal. 34, 2018, doi: 10.30659/odj.5.1.34-44.
A. Iman dan D. Lena, Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I?: Quality Assurance. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2017.
A. S. Maulana, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasaan pelanggan PT. TOI,” J. Ekon. Vol., vol. 7, no. 2, 2016.
S. Handayani, “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno,” Profesi (Profesional Islam. Media Publ. Penelit., vol. 14, no. 1, 2016, doi: 10.26576/profesi.135.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Riski Sulistiarini, Hajrah Hajrah, Muhammad Ardan, Reny Anggraini, Adam M. Ramadhan, Laporan Kasus: Pengobatan pada Melena et causa NSAID Ulkus peptikum pada Pasien Anemia dan Nefrolitiasis dengan CKD , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 4 No. SE-1 (2022): Spesial Edition J. Sains Kes.
- Netty Ino Ishak, Akram La Kilo, Dandi Saputra Halidi, La Ode Aman, Jafar La Kilo, Wenny J.A. Musa, Molecular Docking of Secondary Metabolite Compounds of Andrographis Paniculata Plant as Potential Covid-19 Drug Candidate , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 5 No. 3 (2023): J. Sains Kes.
- Betty Rachma, Ani Widyastuti, Hubungan Kadar Hemoglobin Terglikosilasi (HbA1c) dengan Estimasi Laju Filtrasi Glomerulus (eLFG) Pasien DM Tipe II di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 3 No. 4 (2021): J. Sains Kes.
- Warrantia Citta Citti Putri, Nishia Waya Meray, Indah Woro Utami, Pengaruh Pemberian Minyak Ikan terhadap Hasil Terapi Pasien Skizofrenia Rawat Inap Berdasarkan Skala PANSS , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 3 No. 6 (2021): J. Sains Kes.
- Rasmala Dewi, Indri Meirista, Raodatul Husna, Kajian Pola Peresepan Antibiotik pada Pasien Dewasa di Puskesmas Rawat Inap Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur Tahun 2019 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 4 No. 3 (2022): J. Sains Kes.
- Tessi Silviavitari, Rasmala Dewi, Mukhlis Sanuddin, Evaluasi Terapi Obat Diare pada Pasien Balita Rawat Jalan di Puskesmas Tanjung Pinang, Kota Jambi Tahun 2019 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 3 No. 6 (2021): J. Sains Kes.
- Hanari Fajarini, Apriyanti Ludin, Evaluasi Pelaksanaan Konseling di Apotek Etika Farma Brebes berdasarkan PERMENKES RI Nomor 73 Tahun 2016 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 2 No. 4 (2020): J. Sains Kes.
- Febhi Pratiwi, Candra Eka Puspitasari, GAP Sri Erwinayanti, Analisis Efektivitas Biaya Amitriptilin dan Gabapentin pada Pasien Stroke dengan Nyeri Neuropati di Instalasi Rawat Inap RSUD Provinsi NTB Tahun 2017 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 2 No. 4 (2020): J. Sains Kes.
- Novianty Indjar Gama, Ferdian George Sarung Allo, Fahriani Istiqomah, Angga Cipta Narsa, Laporan Kasus: Kajian Pengobatan CKD Stage 5 dengan Hiperkalemia , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 4 No. SE-1 (2022): Spesial Edition J. Sains Kes.
- Kushariyadi, Reza Alamsyah, Mohammad Shodikin, Balutan Madu Kapok (Ceiba pentandra) untuk Mengatasi Masalah Keperawatan Gangguan Integritas Jaringan pada Ulkus Kaki Diabetik , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 6 No. 2 (2025)
You may also start an advanced similarity search for this article.

