Gambaran Tingkat Kepuasan Mutu Pelayanan Poliklinik Gigi Rumah Sakit TK. IV Samarinda Selama Masa Pandemi COVID-19
The Description of Satisfaction Level towards Quality Service at Dental Polyclinic of Hospital TK. IV Samarinda during the COVID-19 Pandemic
Keywords:
COVID-19, dimensi SERVQUAL, kepuasan pasienAbstract
References
H. Benzian dan R. Niederman, “A Dental Response to the COVID-19 Pandemic—Safer Aerosol-Free Emergent (SAFER) Dentistry,” Front. Med., vol. 7, 2020, doi: 10.3389/fmed.2020.00520.
PB PDGI, “PROTAP Dokter Gigi Dalam Penyebaran COVID-19,” 2020.
R. Aprista, “Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945,” Adm. Law Gov. J., vol. 3, no. 2, 2020, doi: 10.14710/alj.v3i2.240-249.
Hervina dan H. Nasutianto, “Perubahan Managemen Pasien dan Pemilihan Tindakan Kedokteran Gigi di Masa Pandemi COVID-19,” Pros. Webinar Nas. Univ. Mahasaraswati 2020, hal. 170–174, 2020.
F. A. Winarso, E. Paselle, dan S. Rande, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Unit,” vol. 8, no. 1, hal. 8943–8952, 2020.
A. U. Detty, “Gambaran Tingkat Kepuasan Paisen Pada Pelayanan Rawat Inap dan Ruang Operasi di Rumah Sakit Pertamina Bintan Amin Bandar Lampung Tahun 2018,” Ilmu Kedokt. Dan Kesehat., vol. 7, no. 1, 2020.
P. A. R. J. Putri, S. A. Handoko, N. M. S. Nopiyani, N. W. A. Utami, dan N. K. F. R. Pertiwi, “Tingkat kepuasan pasien jaminan kesehatan nasional terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poliklinik Gigi dan Mulut RSUD Badung Mangusada,” Bali Dent. J., vol. 3, 2019.
R. Hudyono et al., “During and post COVID-19 pandemic: prevention of cross infection at dental practices in country with tropical climate,” Dent. J. Maj. Kedokt. Gigi, vol. 53, no. 2, hal. 81–87, 2020, doi: 10.20473/j.djmkg.v53.i2.p81-87.
P. Bhanushali, F. Katge, S. Deshpande, V. K. Chimata, S. Shetty, dan D. Pradhan, “COVID-19: Changing Trends and Its Impact on Future of Dentistry,” Int. J. Dent., vol. 2020, 2020, doi: 10.1155/2020/8817424.
M. R. Alhamdani dan D. P. Sari, “Pendekatan Desain dan Aplikasi Ruang Praktek Dokter Gigi di Masa Pandemi,” 2021.
M. Youlanda, “Kualitas Pelayanan Kesehatan Poli Gigi Rumah Sakit Kota Palembang,” Mbia, vol. 17, no. 3, hal. 1–16, 2019, doi: 10.33557/mbia.v17i3.140.
J. John, F. M. Yatim, dan S. A. Mani, “Measuring service quality of public dental health care facilities in Kelantan, Malaysia,” Asia-Pacific J. Public Heal., vol. 23, no. 5, hal. 742–753, 2011, doi: 10.1177/1010539509357341.
D. Nyoman dan K. Ary, “Skala Pengukuran Kualitas Layanan: Sebuah Kajian Literatur,” vol. 1, no. 2, 2019.
Y. D. Raharja, S. Kusumadewi, dan D. P. Astiti, “Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Poliklinik Gigi Dan Mulut Rumah Sakit Umum Puri Raharja,” ODONTO Dent. J., vol. 5, no. 1, hal. 34, 2018, doi: 10.30659/odj.5.1.34-44.
A. Iman dan D. Lena, Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I?: Quality Assurance. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2017.
A. S. Maulana, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasaan pelanggan PT. TOI,” J. Ekon. Vol., vol. 7, no. 2, 2016.
S. Handayani, “Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno,” Profesi (Profesional Islam. Media Publ. Penelit., vol. 14, no. 1, 2016, doi: 10.26576/profesi.135.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Semuel Piter Irab, Rosmin M. Tingginehe, Yacob Ruru, Keterbatasan Pangan Balita Perkotaan dan Pedesaan Provinsi Papua Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 4 No. 1 (2022): J. Sains Kes.
- Welin Devsi Apriani, Sinta Ratna Dewi , Hubungan antara Tingkat Pengetahuan dengan Kesediaan Vaksinasi Covid-19 pada Masyarakat di Kabupaten Kutai Kartanegara , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 4 No. 4 (2022): J. Sains Kes.
- Fauza Nisfu Laili, Devi Ristian Octavia, Muhtaromah Muhtaromah, Hubungan Kepatuhan Pengobatan TB-RO terhadap Outcome Terapi Pasien Tuberkulosis di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 5 No. 5 (2023): J. Sains Kes.
- Dewi Rahmawati, Jaka Fardaersada, Rani Oktavianir, Hubungan Kepatuhan dan Kualitas Hidup Pasien HIV/AIDS di Kota Samarinda , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 2 No. 4 (2020): J. Sains Kes.
- M. Akbar Rizqullah Rusydi, Ivan Joalsen Manggara Tua, Agustina Rahayu Magdaleni, Hubungan Kadar Hemoglobin Sebelum Operasi dengan Kebutuhan Transfusi Sel Darah Merah Intra Operasi pada Pasien Bedah Pintas Arteri Koroner di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 4 No. 2 (2022): J. Sains Kes.
- Melenia Saputri, Sinta Ratna Dewi, Potensi Interaksi Polifarmasi Pasien Jantung Koroner (PJK) di Rumah Sakit I.A. Moeis Samarinda , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 5 No. 2 (2023): J. Sains Kes.
- Joses Michael Korin, Eka Yuni Nugrahayu, Nirapambudi Devianto, Hubungan Lama Menjalani Hemodialisis dengan Tingkat Depresi pada Pasien Hemodialisis di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 2 No. 4 (2020): J. Sains Kes.
- Fitri Ayu Wahyuni, Woro Supadmi, Endang Yuniarti, Hubungan Karakteristik Pasien dan Rejimen Kemoterapi Terhadap Kualitas Hidup Pasien Kanker di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 3 No. 2 (2021): J. Sains Kes.
- Marwati Marwati, Burhanuddin Taebe, Alfrida Tandilolo, Syamsu Nur, Pengaruh Tempat Tumbuh dan Profil Kandungan Kimia Minyak Atsiri dari Rimpang Jahe Merah (Zingiber officinalle Linn. Var rubrum) , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 3 No. 2 (2021): J. Sains Kes.
- Numlil Khaira Rusdi, Evi Novita Sari, Nora Wulandari, Ketepatan Obat, Dosis, dan Potensi Interaksi Obat pada Pasien Kanker Paru di Rumah Sakit X Jawa Barat Periode 2019-2021 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 5 No. 3 (2023): J. Sains Kes.
You may also start an advanced similarity search for this article.

