Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Swamedikasi di Apotek Kabupaten Nunukan

Authors

  • Anggi Setiawati Program Studi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Samarinda, Indonesia Author
  • Deasy Nur Chairin Hanifa Program Studi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Samarinda, Indonesia Author

Keywords:

Apotek, Kabupaten Nunukan, Swamedikasi, Kualitas Pelayanan

Abstract

Banyaknya Apotek sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan di sekitar kita memberikan kemudahan untuk memilih Apotek mana yang memberikan pelayanan yang berkualitas, tersedianya pelayanan yang berkualitas akan mendatangkan kepuasan bagi konsumen, kepuasan konsumen didapat jika pengalamannya terhadap suatu pelayanan sebanding atau melebihi harapan. Salah satu pelayanan kesehatan yang banyak terjadi di Apotek adalah swamedikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan swamedikasi di Apotek Kabupaten Nunukan. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian deskriptif dan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner, sampel diperoleh dengan melibatkan 100 responden yang melakukan swamedikasi di Apotek yang ada di Kabupaten Nunukan pada bulan Agustus 2022. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program Microsoft Excel kemudian dianalisis dengan membandingkan kenyataan dirasakan dan layanan yang diharapkan konsumen dalam diagram kartesius yang terdiri atas 4 bagian yaitu kuadran 1 prioritas utama, kuadran 2 pertahankan prestasi, kuadran 3 prioritas rendah dan kuadran 4 berlebihan. Berdasarkan hasil penelitian keseluruhan kepuasan konsumen terhadap pelayanan swamedikasi di Apotek Kabupaten Nunukan adalah rata rata menjawab puas dengan rata-rata nilai kenyataan dirasakan (4.43) dan rata-rata nilai layanan yang diharapkan (4.39) sehingga kesimpulannya yaitu nilai kenyataan sebanding dengan apa yang diharapakan konsumen.

References

Permenkes RI, 2017. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 9 Tahun 2017 Tentang Apotek. Jakarta: Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Akhmad, A. D.; Dirga; Mukarromah, S.; Adliani, N.; dan Sukrasno. 2019. Tingkat Kepuasan Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kecamatan Sukarame. Jurnal Farmasi Malahayati. Volume 2, No. 1

Kemenkes RI. 2021. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2021. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI.

Harahap, N.A., Khairunnisa, Tanuwijaya, J., 2017. Tingkat Pengetahuan Pasien dan Rasionalitas Swamedikasi di Tiga Apotek Kota Panyabungan. Jurnal Sains Farmasi dan Klinis, 3(2), 186-192.

Restiyono, A. 2016. Analisis Faktor yang Berpengaruh dalam Swamedikasi Antibiotik pada Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Kajen Kabupaten Pekalongan. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia 11(1): 15

Rikomah, S. E. 2018. "Gambaran Penggunaan Antibiotik Pada Pasien Pediatri Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Klinik SINT. Carolues Bengkulu” Jurnal Ilmiah Manuntung, 4(1), 28-35.

Tjay T.H. dan Rahardja K., 2015, Obat-Obat Penting Khasiat, Penggunaan dan Efek–Efek Sampingnya, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, pp. 523–531.

Tjiptono, F. 2015 . Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Hazfriani, A., Ernawaty. (2016). Indeks Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Mata Masyrakat Jawa Timur. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 4:2, 77-85

Moore, A.D., Hamilton, J.B., Knafl, G.J., Godley, P.A., Carpenter, W.R., Bensen, J.T., Mohler, J.L., Mishel, M. (2013). The Influence of Mistrust, Racism, Religious Participation and Access to Care on Patient Satisfaction for African American Men: The North Carolina-Lousiana Prostate Cancer Project. Journal of The National Medical Association, 105:1, 59-68.

Kotler, P., Keller, KL. (2009). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 2. Edisi kedua belas. PT.Gelora Aksara Pratama, Jakarta.

Bertawati. 2013. Profil Pelayanan Kefarmasian dan Kepuasan Konsumen Apotik di Kecamatan Adiwerna Kota Tegal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 2 No. 2: Surabaya.

Farida, B. 2014. Evaluasi Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kota Yogyakarta. Vol. 4, No. 2 2014: 135-14

Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. 2021. Statistik Jumlah Penduduk Kabupaten Nunukan Tahun 2020. Nunukan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. 2020. Jumlah Apotek di Kabupaten Nunukan. 2020. Nunukan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Bahem, N. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep Di Apotek Nur Farma. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu-Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Fuaddah, A. T. 2015. Description of Self-Medication Behavior in Community of Subdistrict Purbalingga, District Purbalingga. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal). Volume 3, No. 1

Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. 2020. Jumlah penduduk di Kabupaten Nunukan Menurut Kelompok Umur Tahun 2020. Nunukan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan

Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. 2021. Statistik Pendidikan Kabupaten Nunukan Tahun 2021. Nunukan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan.

Dewi, V. C. 2015. Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Swamedikasi Oleh Apoteker di Beberapa Apotek Wilayah Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Volume 4, No. 2

Medisa, D. et al. (2020) ‘Public knowledge of self- medication in Ngaglik subdistrict of Sleman regency’, Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, 11(3), pp. 250 256. doi: 10.20885/jkki.vol11.iss3.art6

Published

2024-11-14

How to Cite

Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Swamedikasi di Apotek Kabupaten Nunukan. (2024). Jurnal Sains Dan Kesehatan, 4(SE-1), 39-47. https://jsk.ff.unmul.ac.id/index.php/JSK/article/view/510