Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Swamedikasi di Apotek Kabupaten Nunukan
Keywords:
Apotek, Kabupaten Nunukan, Swamedikasi, Kualitas PelayananAbstract
References
Permenkes RI, 2017. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 9 Tahun 2017 Tentang Apotek. Jakarta: Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.
Akhmad, A. D.; Dirga; Mukarromah, S.; Adliani, N.; dan Sukrasno. 2019. Tingkat Kepuasan Konsumen Apotek Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kecamatan Sukarame. Jurnal Farmasi Malahayati. Volume 2, No. 1
Kemenkes RI. 2021. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2021. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI.
Harahap, N.A., Khairunnisa, Tanuwijaya, J., 2017. Tingkat Pengetahuan Pasien dan Rasionalitas Swamedikasi di Tiga Apotek Kota Panyabungan. Jurnal Sains Farmasi dan Klinis, 3(2), 186-192.
Restiyono, A. 2016. Analisis Faktor yang Berpengaruh dalam Swamedikasi Antibiotik pada Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Kajen Kabupaten Pekalongan. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia 11(1): 15
Rikomah, S. E. 2018. "Gambaran Penggunaan Antibiotik Pada Pasien Pediatri Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Klinik SINT. Carolues Bengkulu” Jurnal Ilmiah Manuntung, 4(1), 28-35.
Tjay T.H. dan Rahardja K., 2015, Obat-Obat Penting Khasiat, Penggunaan dan Efek–Efek Sampingnya, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, pp. 523–531.
Tjiptono, F. 2015 . Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Hazfriani, A., Ernawaty. (2016). Indeks Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Mata Masyrakat Jawa Timur. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 4:2, 77-85
Moore, A.D., Hamilton, J.B., Knafl, G.J., Godley, P.A., Carpenter, W.R., Bensen, J.T., Mohler, J.L., Mishel, M. (2013). The Influence of Mistrust, Racism, Religious Participation and Access to Care on Patient Satisfaction for African American Men: The North Carolina-Lousiana Prostate Cancer Project. Journal of The National Medical Association, 105:1, 59-68.
Kotler, P., Keller, KL. (2009). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 2. Edisi kedua belas. PT.Gelora Aksara Pratama, Jakarta.
Bertawati. 2013. Profil Pelayanan Kefarmasian dan Kepuasan Konsumen Apotik di Kecamatan Adiwerna Kota Tegal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 2 No. 2: Surabaya.
Farida, B. 2014. Evaluasi Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Kota Yogyakarta. Vol. 4, No. 2 2014: 135-14
Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. 2021. Statistik Jumlah Penduduk Kabupaten Nunukan Tahun 2020. Nunukan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. 2020. Jumlah Apotek di Kabupaten Nunukan. 2020. Nunukan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan.
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Bahem, N. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa Resep Di Apotek Nur Farma. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu-Ilmu Kesehatan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Fuaddah, A. T. 2015. Description of Self-Medication Behavior in Community of Subdistrict Purbalingga, District Purbalingga. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal). Volume 3, No. 1
Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. 2020. Jumlah penduduk di Kabupaten Nunukan Menurut Kelompok Umur Tahun 2020. Nunukan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan
Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan. 2021. Statistik Pendidikan Kabupaten Nunukan Tahun 2021. Nunukan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Nunukan.
Dewi, V. C. 2015. Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Swamedikasi Oleh Apoteker di Beberapa Apotek Wilayah Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. Volume 4, No. 2
Medisa, D. et al. (2020) ‘Public knowledge of self- medication in Ngaglik subdistrict of Sleman regency’, Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, 11(3), pp. 250 256. doi: 10.20885/jkki.vol11.iss3.art6