Hubungan Mutu Pelayanan Kefarmasian dengan Kepuasan Pasien di Apotek Wilayah Kecamatan X Kota Surakarta Tahun 2022
Correlation of Quality of Pharmaceutical Services and Patient Satisfaction in Pharmacy of X District Surakarta in 2022
Kata Kunci:
pelayanan kefarmasian, kepuasan pasien, apotek kecamatan X SurakartaAbstrak
Referensi
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek, (2016).
Ditjen Binfar dan Alkes. (2008). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotik.. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.
Feneranda, E., Pambudi R. S., Septiana, R. (2021). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek x Surakarta Selama Masa Pandemi Covid-19. 1 (1): 789-797.
Dominica, D., Putra D., P., Yulihasri. Effect of Pharmacist Presence to Pharmaceutical Service at Pharmacies. Journal of Pharmaceutical & Clinical Sciences, 3(1), 99-107.
Presiden RI, (2002). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1332/MENKES/SK/X/2002 tentang Ketentuan dan Pemberian Izin Apotek. Jakarta.
Lutfiyati, H., Yuliastuti, F., Dianita, P., S. 2016. Pelaksanaan Konseling oleh Apoteker di Apotek Kecamatan Temanggung. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis, 2(1).
Hayati, I. (2021). Gambaran Perencanaan dan Pengadaan Obat di Apotek Mulia Sehat Kabupaten Tegal. Skripsi. Politeknik Harapan Bersama. Jawa Tengah.
Awaliyah, H., Prabandari, S., Purgiyanti. (2021). Gambaran Alur Penerimaan dan Penyimpanan Perbekalan Farmasi di Apotek Nurani Tegal. Jurnal Ilmiah Farmasi, Volume x, halaman x.
Dewi., Listiana, T., Putri, A.R., Febriyanti, R. (2021). Gambaran Pengelolaan Obat Rusak dan Kadaluarsa di Apotek Pradipta. Jurnal Ilmiah Farmasi, x(x).
Walsono, R., P. (2016). Studi Praktek Pelayanan Kefarmasian Oleh Apoteker Di Apotek. Skripsi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Nafisah. (2010). Tinjauan Atas Pengendalian Intern Persediaan Farmasi Pada Apotek. Skripsi. Universitas Komputer Indonesia. Bandung.
Vidiawati., Nur, A. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien Pada Waktu Tunggu Pelayanan Obat Dengan Resep di Apotek Duta Sehat Pagongan. Skripsi. Politeknik Harapan Bersama Tegal. Jawa Tengah
Putri, D. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan, Kepercayaan & Loyalitas Konsumen Apotek. Indonesian Journal For Health, 1(1).
Widiawati, T., Susanto, A., Purwantiningrum, H. (2021). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien tentang Kualitas Pelayanan di Apotek Tegongan Balapulang Wetan. Jurnal Ilmiah Farmasi, x(x), 2089–5313.
Mayefis, Delladari.,et al., 2015, Pengaruh Kualitas Pekayanan Informasi Obat terhadap Kepuasan Pasien Apotek X Kota Padang, Fakultas Farmasi Universitas Andalas : Padang, Sumatra Utara.
Sugiono. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Aristantya, N. 2017. Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Apotek-Apotek Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau. Skripsi. Diterbitkan 01 Februari 2017. Fakultas Farmasi. Universitas Sumatera Utara: Medan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Cara Mengutip
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Dewi Nurul Aini, Dwi Ningsih, Ganet Eko Pramukantoro, Uji Efektivitas Patch Ekstrak Daun Sirih Hijau (Piper betle L.) pada Penyembuhan Luka Sayat Punggung Kelinci (Oryctolagus cuniculus) , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol 5 No 5 (2023): J. Sains Kes.