Kepuasan Kerja Profesi Apoteker Instalasi Farmasi Rumah Sakit Daerah Idaman (RSDI) Banjarbaru di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Authors

  • Rahmayanti Fitriah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari Author
  • Ridho Sernawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari Author

Keywords:

Kepuasan Kerja, Apoteker, Jaminan Kesehatan Nasional

Abstract

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan seluruh masyarakat Indonesia. Dalam menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), tenaga kesehatan mempunyai peran penting bagi rumah sakit. Upaya untuk mewujudkan hal tersebut tidak terlepas dari terpenuhinya kepuasan kerja pegawai rumah sakit yang berperan dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Oleh karena itu, kepuasan kerja tenaga kesehatan sangatlah berpengaruh terhadap kinerja rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan kerja tenaga Apoteker dalam menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSDI Banjarbaru. Penelitian ini bersifat deskriftif yang menjelaskan tentang kepuasan kerja tenaga kesehatan (Apoteker). Aspek kepuasan kerja yang diukur adalah kepuasan terhadap beban kerja dan kepuasan terhadap insentif yang diperoleh. Pengambilan data dilakukan pada Bulan Juni 2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 9 orang Apoteker. Hasil penelitian menyatakan bahwa 100% responden merasa puas terhadap beban pekerjaannya dan 88,99% responden merasa tidak puas tehadap insentif yang diperoleh.

References

Kemenkes RI. 2014. ProfilKesehatan Indonesia Tahun 2014. http://www.depkes.go.id/.../profil-kesehatan-indonesia-2014.pdfDiakses tanggal 28 Januari 2019.

Malayu SP. Hasibuan. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Mahendrawan, I.G., & Indrawati, A.D. 2015. Pengaruh Beban Kerja dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja di PT. Panca Dewata Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 4 (11) : 3936-3961.

Artadi, Febri Furqon. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Merapi Agung Lestari. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta.

Aziz, A. R., & W, H. T. (2015). Hubungan Antara Besarnya Jasa Pelayanan Bpjs Dengan Tingkat Kepuasan Kerja Dalam Memberikan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Mojowarno Jombang. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 1(2), 38-43.

Published

2019-12-31

How to Cite

Kepuasan Kerja Profesi Apoteker Instalasi Farmasi Rumah Sakit Daerah Idaman (RSDI) Banjarbaru di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). (2019). Jurnal Sains Dan Kesehatan, 2(2), 127-130. https://jsk.ff.unmul.ac.id/index.php/JSK/article/view/89