Hubungan Mutu Pelayanan Kefarmasian dengan Kepuasan Pasien di Apotek Wilayah Kecamatan X Kota Surakarta Tahun 2022
Correlation of Quality of Pharmaceutical Services and Patient Satisfaction in Pharmacy of X District Surakarta in 2022
DOI:
https://doi.org/10.30872/jsk.v5i2.p186-197Keywords:
pelayanan kefarmasian, kepuasan pasien, apotek kecamatan X SurakartaAbstract
References
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek, (2016).
Ditjen Binfar dan Alkes. (2008). Petunjuk Teknis Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotik.. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.
Feneranda, E., Pambudi R. S., Septiana, R. (2021). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek x Surakarta Selama Masa Pandemi Covid-19. 1 (1): 789-797.
Dominica, D., Putra D., P., Yulihasri. Effect of Pharmacist Presence to Pharmaceutical Service at Pharmacies. Journal of Pharmaceutical & Clinical Sciences, 3(1), 99-107.
Presiden RI, (2002). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1332/MENKES/SK/X/2002 tentang Ketentuan dan Pemberian Izin Apotek. Jakarta.
Lutfiyati, H., Yuliastuti, F., Dianita, P., S. 2016. Pelaksanaan Konseling oleh Apoteker di Apotek Kecamatan Temanggung. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis, 2(1).
Hayati, I. (2021). Gambaran Perencanaan dan Pengadaan Obat di Apotek Mulia Sehat Kabupaten Tegal. Skripsi. Politeknik Harapan Bersama. Jawa Tengah.
Awaliyah, H., Prabandari, S., Purgiyanti. (2021). Gambaran Alur Penerimaan dan Penyimpanan Perbekalan Farmasi di Apotek Nurani Tegal. Jurnal Ilmiah Farmasi, Volume x, halaman x.
Dewi., Listiana, T., Putri, A.R., Febriyanti, R. (2021). Gambaran Pengelolaan Obat Rusak dan Kadaluarsa di Apotek Pradipta. Jurnal Ilmiah Farmasi, x(x).
Walsono, R., P. (2016). Studi Praktek Pelayanan Kefarmasian Oleh Apoteker Di Apotek. Skripsi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.
Nafisah. (2010). Tinjauan Atas Pengendalian Intern Persediaan Farmasi Pada Apotek. Skripsi. Universitas Komputer Indonesia. Bandung.
Vidiawati., Nur, A. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien Pada Waktu Tunggu Pelayanan Obat Dengan Resep di Apotek Duta Sehat Pagongan. Skripsi. Politeknik Harapan Bersama Tegal. Jawa Tengah
Putri, D. R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan, Kepercayaan & Loyalitas Konsumen Apotek. Indonesian Journal For Health, 1(1).
Widiawati, T., Susanto, A., Purwantiningrum, H. (2021). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien tentang Kualitas Pelayanan di Apotek Tegongan Balapulang Wetan. Jurnal Ilmiah Farmasi, x(x), 2089–5313.
Mayefis, Delladari.,et al., 2015, Pengaruh Kualitas Pekayanan Informasi Obat terhadap Kepuasan Pasien Apotek X Kota Padang, Fakultas Farmasi Universitas Andalas : Padang, Sumatra Utara.
Sugiono. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Aristantya, N. 2017. Mutu Pelayanan Kefarmasian Di Apotek-Apotek Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau. Skripsi. Diterbitkan 01 Februari 2017. Fakultas Farmasi. Universitas Sumatera Utara: Medan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Sains dan Kesehatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Dewi Nurul Aini, Dwi Ningsih, Ganet Eko Pramukantoro, Uji Efektivitas Patch Ekstrak Daun Sirih Hijau (Piper betle L.) pada Penyembuhan Luka Sayat Punggung Kelinci (Oryctolagus cuniculus) , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 5 No. 5 (2023): J. Sains Kes.
Similar Articles
- Amelia Lorensia, Ananda Yudiarso, Nurul Safina, Persepsi Apoteker terhadap Hambatan dalam Pelayanan Kefarmasian Penyakit Asma Di Apotek , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 2 No. 4 (2020): J. Sains Kes.
- Niken Indriyanti, Antadini Antadini, Jorgi Imanuel Emor, Pabely Nahwan Maulana, Asuhan Kefarmasian Beberapa Kasus Penggunaan Obat Penyakit Kulit , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 4 No. SE-1 (2022): Spesial Edition J. Sains Kes.
- Hanari Fajarini, Apriyanti Ludin, Evaluasi Pelaksanaan Konseling di Apotek Etika Farma Brebes berdasarkan PERMENKES RI Nomor 73 Tahun 2016 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 2 No. 4 (2020): J. Sains Kes.
- Anggi Setiawati, Deasy Nur Chairin Hanifa, Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Swamedikasi di Apotek Kabupaten Nunukan , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 4 No. SE-1 (2022): Spesial Edition J. Sains Kes.
- Dea Pratiwi Sadaningsih, Listiyawati, Imran Irsal, Gambaran Tingkat Kepuasan Mutu Pelayanan Poliklinik Gigi Rumah Sakit TK. IV Samarinda Selama Masa Pandemi COVID-19 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 4 No. 1 (2022): J. Sains Kes.
- Rahmayanti Fitriah, Ridho Sernawan, Kepuasan Kerja Profesi Apoteker Instalasi Farmasi Rumah Sakit Daerah Idaman (RSDI) Banjarbaru di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 2 No. 2 (2019): J. Sains Kes.
- Reny Anggriany Hakim, Delina Hasan, Aritonang Aritonang, Analisis Efektivitas Biaya Hemodialisa dan Peritoneal Dialisa pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta 2019 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 2 No. 4 (2020): J. Sains Kes.
- Nurul Handayani, Muhammad Faisal, Rolan Rusli, Kajian Interaksi Obat pada Pasien Gagal Ginjal Rawat Inap di RSUD Panglima Sebaya Tanah Grogot , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 5 No. 4 (2023): J. Sains Kes.
- Jessyca Azzahra, Angga Cipta Narsa, Novianty Indjar Gama, Analisis Karakteristik dan Profil Pengobatan Pasien Demam Berdarah Dengue Anak di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Samarinda Medika Citra Tahun 2020-2021 , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 5 No. SE-1 (2023): Spesial Edition J. Sains Kes.
- Adam M. Ramadhan, Arsyik Ibrahim, Ayi Indah Utami, Evaluasi Penggunaan Obat Antihipertensi pada Pasien Hipertensi Rawat Jalan di Puskesmas Sempaja Samarinda , Jurnal Sains dan Kesehatan: Vol. 1 No. 2 (2015): J. Sains Kes.
You may also start an advanced similarity search for this article.